Monday, May 29, 2017

Bonus Ramadhan

Perumpamaan di jaman sekarang ini, bonus berlebih hakikatnya terpaku dalam hal perbelanjaan. Sebagaimana contoh kecil, ketika membeli pulsa handphone atau kartu perdananya, pastilah yang ditanyakan bonusnya apa saja? Tentunya setelah murah menjadi alasan utamanya. Tahukah kita wahai sahabat? Bahwasannya Orang yang paling mulia di muka bumi ini telah mengabarkan kepada kita tentang banyaknya bonus pahala yang diberika Sang Penguasa Alam, Allah SWT.

Apa saja bonus tersebut?

1. Tidurnya orang berpuasa di bulan Ramadhan itu dihitung ibadah.

Bayangkan jika tidurnya kita saja dihitung ibadah, bagaimana jika kita beraktifitas sebagaimana biasanya? Yang petani tetap berpuasa ke sawah, yang pekerja tetap berpuasa dan bekerja, yang tukang ojek tetap berpuasa dan meng-ojek. Sungguh akan begitu berlimpahnya pahala ibadah kita di bulan ini, jika kita berpuasa.




2. Diamnya kita yang berpuasa dihitung berdzikir.

Jika diam saja nilainya sama dengan berdzikir, bagaimana jika kita berdzikir beneran? Tentunya akan semakin banyak catatan dzikir kita.

3. Amalan yang dilipatgandakan pahalanya di sisi Allah.

Pernah mendengar bagaimana jika kita memberi buka puasa kepada yang berpuasa? Ya, pahalanya sama dengan pahala orang yang berpuasa tadi tanpa mengurangi apapun. Padahal walau hanya seteguk air putih, bayangkan jika kita berikan buka puasa kepada 10, 100, 1000, dst... Berapa pahal puasa yang kita dapatkan? Ma sya Allah!

4. Doa yang terkabulkan.

Perbanyaklah doa di sepanjang waktu di bulan Ramadhan, karena doa-doa kita akan dikabulkan Allah SWT.

5. Diampunkannya dosa dan kesalahan kita

Ma sya Allah, janji Allah begitu luas pengampunannya. Jika kita mampu melewati hari-hari Ramadhan genapa sebulan, maka di idul fitrinya selaksa bayi yang terlahir dari ibunya, bersih dari segala dosa dan kesalahan.

Mari kita jadikan bulan ini sebagai bulan yang memberkahi kehidupan kita di dunia dan di akhirat.

Catatanku di kultum tarawih Jemur Gayungan 1, Surabaya
Ramadhan 1438 H

No comments:

Yamaha Byson 2011

Yamaha Byson Sobat muda penunggang kuda besi tentu tidak asing dengan motor street fighter atau naked bike. Street fighter m...