Thursday, December 19, 2019

Yamaha Byson Elektrik Starter Tidak Berfungsi

Teman - teman semua, khususnya para rider Yamaha Byson alias si kebonya Yamaha,wkwkwk. Bagi yang pernah mengalami kejadian terkait elektrik starternya yang hanya bunyi "cethak-cethek" seperti bunyi relay yang sedang aktif,jangan usah khawatir atau cemas. Jangan buru-buru dibawa ke bengkel motor, meskipun dompetnya pada tebel --tanggal muda kali.
Saya pernah memgalami kejadian tersebut beberapa waktu kemarin, tepatnya dua jari sebelum tulisan ini saya upload. Sempat gak nyaman kalau elektrik starternya tidak berfungsi dengan baik. Alasannya, karena itu motor sering mbrebet kalau berhenti di lampu merah kuning hijaušŸ˜. Maklumlah, saya rider pemula,jadi belumlah lihai dalam mengendalikan si kebo ini.

Pernah ketika jalan pelan, terus kendaraan di depan saya ngerem mendadak, karena spontan juga mendadak akhirnya itu kebo ngambek, ya terpaksa minggir dengan diiringi bunyi klakson kendaraan di belakangnya. Gak enak, karena harus nendang kick starternya. Kalau di Byson, footstep kaki kanan posisinya akan mengganggu jika aktif sedang kita membutuhkan tuas kick starternya. Coba agan cek, itu footstep harus dinaikkan dulu posisinya baru kita bisa memainkan kick starter. Kalau elektrik starternya lancar, mah enak saja. Ketika mesin mati mendadak ya tinggal tekan push button dan menyala kembali.

Gambar di bawah ini adalah tempat bersemayamnya batterai. Jika akan membuka cover batterainya:
1.  Pastikan agan harus melepas jog terlebih dahulu. Ada dua baut yang harus dilepas untuk melihat batterai ini. Satu baut dengan obeng plus "+" sedang yang satu bukan pakai obeng men "-", melainkan pakai kunci L ukuran 4 mm.
2. Setelah keduanya terlepas, agan arahkan covernya ke arah agan atau tarik sampai dua buah pengunci elastisnya (karet) terlepas. Jangan terlalu kuat menariknya,karena di bagian bawah cover terdapat dua pengunci mati (fixed) kalau tertarik dengan kuat bisa patah.
3. Jika pengunci elastisnya sudah terlepas, agan posisikan cover ke atas atau tarik ke atas dan sedikit ke arah luar, barulah cover dapat terangkat lepas.

Berikut gambar penampakan persemayaman batterai ketika sudah terlepas.

Maaf, saya lupa menjelaskan alasannya kenapa membuka cover batterai.  Ini dilakukan untuk memeriksa apakah batterai masih dalam kondisi baik atau tidak. Minimal kita akan mengetahui penyebab paling ringan dan sederhana untuk mengatasi masalah tidak berfungsinya elektrik starter tersebut.
Coba cek kedua baut pada terminal batterainya, jika terdapat yang kendor, lha cuma itu saja penyebabnya. Ini yang saya alami. Saya paksakan jam sembilan malam mengeceknya, alhamdulillah selesai. Jika hasil pengecekan baut terminal batterainya tidak ada masalah, kalau agan punya multimeter, gunakanlah untuk melakukan pengecekan tegangannya. Pastikan minimal terbaca 12 volt. Jika kurang dari itu, lepas dan bawalah ke tukang nge-charge batterai.
Semoga setelah terisi penuh dan terpasang kembali, itu elektrik starternya normal kembali. Kalau masih belum teratasi, akan saya ulas di tulisan berikutnya.


Salam Byson Rider

Hari 

No comments:

Yamaha Byson 2011

Yamaha Byson Sobat muda penunggang kuda besi tentu tidak asing dengan motor street fighter atau naked bike. Street fighter m...