Wednesday, October 23, 2019

Polytron Uslim 21 Vertikal Rusak


Ada kisah menarik selama memperbaiki kerusakan TV Polytron Uslim 21 inch kepunyaan teman saya. Saya yang kebetulan bekerja di sebuah perusahaan percetakan dan ditugaskan di bagian Unit Tehnik--maintenance-- bersama seorang rekan senasib dan sepenanggungan, hehehe.

Mungkin yang ada dipikiran teman-teman di perusahaan bahwasannya kami dikirain sebagai orang yang bisa memperbaiki segalanya. Tapi tidak mengapa, mungkin juga benar bisa jadi juga tidak, karena ada yang berhasil pun ada juga beberapa peralatan elektronik yang kesusahan mencari part-nya dan masih belum terselesaikan kerusakannya. Lanjut ya, mari fokus di judul tulisan ini. Tulisan ini merupakan rangkuman dari apa yang telah saya lakukan selama memperbaikinya. Awalnya saya ditanyain teman saya:
 "Mas, TV ku rusak, tiba-tiba cuma ada garis lurus mendatar di layar, mas bisa memperbaikinya?", " hehehe, kalau ke bengkel biasanya kisaran seratusan itu habisnya, kalau ke saya ya cuma part saja gak apa-apa" jawabku sekenanya.
 "Ya sudah, besuk tak taruh di bengkel ya" sambung Mbak Dyan yang punya TV.
"Ok mbak", sambil saya meneruskan pekerjaan.



Dua hari itu TV tergeletak di bengkel, belum saya urus sama sekali. Masuk di hari ketiga, saya coba mengerjakannya. " Wah, ini TV memang baru pertama kali rusak. Lantas, saya cek bagian vertikal. Secara visual memang ada komponen yang terbakar diantaranya IC vertikal, dan elco. Sebelumnya saya sempatkan untuk mengukur tegangan di B+, terukur 95 volt DC. Beberapa elco di sekitar blok ini saya catat dan belikan yang baru, alhasil dari semua komponen yang terbeli dengan jumlah empatpuluh ribu rupiah, itu TV kembali menyala dengan baik.  Waktu itu belum ada kepikiran untuk memfotonya. Jadi tipe dan nomor seri komponen tidak saya tampilkan di tulisan ini. Semoga kelak kalau ketemu TV itu lagi, tentunya pemiliknya lain yang berarti hasil reparasi saya dapat bertahan lama, saya sempat menfotonya. Hehehe. Semoga tulisan ini bermanfaat. 

No comments:

Yamaha Byson 2011

Yamaha Byson Sobat muda penunggang kuda besi tentu tidak asing dengan motor street fighter atau naked bike. Street fighter m...